Tuesday, March 20, 2012

Lapisan Kolom Air

LAPISAN THERMOCLINE adalah lapisan yang membagi dua massa air di perairan, lapisan ini menjadi pembatas antara air permukaan (yang masih tercampur-campur dan suhunya sama karena pengaruh angin atau yang biasa disebut mixed layer) dengan lapisan yang berada di bawahnya (yang sudah tidak tercampuraduk karena pengaruh angin). Lapisan ini memiliki perbedaan suhu yang sangat berbeda dengan lapisan atas dan juga bawahnya.

Gambar 1. Lapisan Kolom Air
Sumber : http://www.divediscover.whoi.edu/

Pada lintang rendah, lapisan ini sangat tipis pada akhir musim panas ketika angin-angin melemah dan cahaya matahari memanaskan permukaan lapisan. Pada waktu yang sama, pemanasan yang sangat kuat dan angin yang sangat lemah membuat kedalaman lapisan ini hanya beberapa meter saja. Sedangkan pada musim gugur, badai pertama pada musim tersebut mencampur panas ke dalam lautan dan membuat lapisan tersebut menjadi lebih dalam dari sebelumnya (saat musim dingin). Saat musim semi melemah, cahaya matahari meningkat dan membentuk lapisan campuran yang baru.
Pada lapisan ini, temperatur air menurun dengan cepat terhadap kedalaman kecuali pada lintang tinggi. Jarak kedalaman dimana suku dari pengubah gradien dari temperatur adalah besar yang disebut dengan termoklin. Karena densitas berhubungan dekat dengan temperatur, termoklin juga cenderung menjadi lapisan dimana gradien dari densitas adalah yang terbesar, yang disebut dengan piknoklin.


Lihat juga mengenai lapisan kolom air lainnya:
Mixed Layer - marinescienceida.blogspot.com
Lapisan Laut Secara Umum - syahrul-fatah.blogspot.com
Deep Layer - angga-julian.blogspot.com

No comments:

Post a Comment